Bank Syariah: Jawaban Islam Wujudkan Kesejahteraan

Sore itu terasa sangat melelahkan, berada di depan komputer dengan mata setengah tertidur, tapi saat itu ku paksakan mata ini untuk menelaah lebih dalam kompetisi penulisan artikel yang diadakan Kompasiana tentang Bank Syariah di Indonesia. Dari sekian banyak artikel, entah kenapa mata ini terpaku pada sebuah artikel yang menurut saya memancing rasa ingin tahu para pembacanya, yang ternyata artikel ini dibuat oleh mas subhan, beliau membeberkan cukup gamblang makna dari Bank Syariah itu sendiri, dan berikut ini kutipan artikel yang terangkum di Kompasiana. Oleh Subhan – 6 Juli 2009 -kompasiana-
Menarik memperhatikan animo masyarakat atas kehadiran bank syariah. setidaknya melalui artikel “Perkembangan iB Perbankan Syariah” bisa diketahui bahwa antusias masyarakat terhadap layanan bank syariah cukup tinggi. buktinya dalam waktu 17 tahun total aset industri perbankan syariah meningkat sebesar 27 kali lipat dari Rp 1,79 triliun di tahun 2000 menjadi Rp 49,6 triliun di akhir tahn 2008.Sebagai pengguna layanan perbankan syariah saya turut bangga dengan perkembangan yang pesat itu. setidaknya saya menjadi lebih yakin bahwa layanan yang saya gunakan dipercaya juga oleh banyak orang. meskipun angka yang disebut dalam laporan tersebut tidak secara langsung menjelaskan peningkatan jumlah nasabah. tapi setidaknya saya meyakini salah satu faktor meningkatnya jumlah aset industri perbankan syariah karena bertambahnya jumlah nasabah.

Rasanya tak berlebihan jika kita berasumsi demikian. karena sangat wajar jika layanan perbankan syariah begitu diminati masyarakat. mengingat saat ini sedang terjadi perubahan tren masyarakat dari yang sebelumnya tidak begitu memperhatikan nilai-nilai agama dalam melaksanakan kehidupannya menjadi masyarakat yang begitu peduli dengan nilai agama yang diyakini. indikasi asumsi ini cukup sederhana, di banyak tempat kini marak berdiri forum-forum kajian keagamaan yang diikuti banyak peserta. dalam pengajian inilah kesadaran masyarakat terhadap agama ditumbuhkan. dampak lebih lanjutnya muncul keinginan di kalangan masyarakat untuk menyesuaikan setiap aspek kehidupan dengan prinsip-prinsip agama. termasuk dalam bertransaksi dengan bank.

Sebagai bagian dari sistem kehidupan bermasyarakat kehadiran bank berbasis syariah memang menjadi solusi. bank syariah inilah menjadi pilihan bagi kalangan yang benar-benar ingin menjalani hidup berdasar syariah. meskipun patut diakui juga bahwa praktek perbankan syariah saat ini masih belum seluruhnya diwarnai dengan nilai-nilai syariah. tapi setidaknya kondisi ini masih lebih baik daripada tidak ada sama sekali. kehadiran bank syariah sekarang bisa menjadi jawaban konkret atas kebutuhan masyarakat yang ingin menabung tanpa ternoda riba.

Tentu akan sulit membayangkan apa jadinya manakala semangat berislam masyarakat mulai tumbuh tapi tidak diikuti dengan hadirnya institusi-insitusi bisnis berbasis syariah seperti bank syariah. masyarakat seolah disuguhkan pada idelita-idelita yang sulit dibuktikan prakteknya. masyarakat sekedar diberi pemahaman tapi tidak diberikan wadah yang benar-benar sesuai dengan konsep yang selama ini diajarkan. apa tidak mungkin akan muncul anggapan bahwa keistimewaan islam hanya bisa dijalankan pada masa rasullah. apa tidak mungkin akan muncul anggapan bahwa islam hanya agama normatif yang tidak sesuai dengan kondisi zaman sekarang.

Di sinilah letak strategisnya bank syariah. dengan berdirinya bank syariah setidaknya membuktikan bahwa ajaran islam benar-benar bisa diaplikasikan kapan pun dan dimanapun. bahkan layanan bank syariah sudah cukup mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi. dengan sendirinya tudingan bahwa islam itu kolot, islam itu agama dengan nillai-nilai zaman dulu terbantahkan. islam justru bisa dilihat dalam praktek bisnis perbankan, yang katanya, malah lebih menentramkan.

Kondisi belakangan ini justru menunjukan bahwa secara bisnis bank syariah juga cukup menguntungkan. bukan hanya bagi nasabah tapi juga bagi penyedia layanan perbankan syariah itu sendiri. karena kalau tidak menguntungkan mana mungkin sekarang ini makin banyak berdiri bank syariah. bahkan begitu menariknya potensial bisnis yang dikandungnya, kini banyak unit usaha bank konvensional yang mengembangkan sayap bermain di layanan perbankan syariah.

Tentu perkembangan ini sangat menggembirakan. saya sendiri melihatnya ini sebagai berkah dari dilaksanakannya nilai-nilai islam dalam kehidupan bermasyarakat. selanjutnya, tentu kita patut berdoa semoga nantinya makin banyak industri yang menggunakan landasan syariah sebagai pedoman pelaksanaannya. amin.

artikel serupa dimuat pada : http://bataku.multiply.com/journal/item/42/bank_syariah_jawaban_islam_wujudkan_kesejahteraan

sumber : http://ib-bloggercompetition.kompasiana.com/2009/07/06/bank-syariah-jawaban-islam-wujudkan-kesejahteraan

Categories: ekonomi - (ekonomi syariah) | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: