Berjuang Demi Kesuksesan

sukses by ian“ Banyak orang telah melakukan Sebuah pekerjaan atau usaha, namun apa yang dia dapatkan belumlah maksimal. Kemudian hal seperti Itulah yang kita pahami sebagai Sebuah kegagalan. Benarkah itu Sebuah kegagalan? Tidak !! Karena tidak ada satu suksespun yang tidak diawali dengan Sebuah kegagalan. Sebuah sukses adalah rangkaian dari susunan kegagalan”.

Tak ada orang yang sukses, yang ada adalah orang tau cara untuk sukses. Tidak ada orang yang pintar, yang ada adalah orang yang tau caranya bagaimana untuk belajar. Saat ini mungkin adalah waktu yang tepat untuk melihat kembali cara-cara bagaimana seseorang melakukan sebuah usaha untuk sukses. Yang menjadi perhatian disini adalah bukan benar atau tidaknya cara tersebut, melainkan tepet atau tidaknya cara yang kita terapkan. Mari kita simak beberapa hal yang perlu kita pahami, kini kita kenal dengan “Bahan Bakar” diri. Gunakanlah “Bahan Bakar” diri sebagai kekuatan untuk meraih sukses anda. Bahan Bakar tersebut meliputi :

1. Potensi diri

Pertama kali mari temukan potensi kita. Mengapa Potensi? Karena dengan mengenali potensi yang ada dalam diri kita , itu akan membuat kita lebih mudah dalam melakukan sesuatu
yang sesuai dengan potensi yang kita miliki. Banyak orang yang merasa tak dapat maju lagi dalam melakukan sesuatu, banyak juga yang jenuh dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Ia merasa terhambat, Ia merasa tak nyaman dengan apa yang ia kerjakan. Apa sebabnya ?
Karena ia melakukan sebuah pekejaan yang tidak sesuai dengan potensinya.
Kebanyakan adalah karena orang melakukan pekerjaan karena tuntunan hidup sehingga ia mengabaikan potensi dirinya. Padahal apabila pekerjaan tersebut selaras dengan potensi yang ada, maka hasil yang akan dicapai juga akan semakin besar.

2. Menentukan Pilihan

Setelah kita menemukan potensi yang kita miliki, Langkah kedua ialah menentukan pilihan atas potensi yang kita temukan sebelumnya. Setelah tahu bahwa ternyata anda punya potensi dan tidak sesuai dengan pekerjaan kita sekarang, apa yang akan kita lakukan selanjutnya?
Apakah kita akan meraih sukses yang lebih besar atau membiarkan potensi kita mati terperangkap?
Tentu saja menentukan pilihan ini bukanlah hal yang mudah. Namun anda dapat melakukannya dengan bantuan daftar manfaat yang telah kita buat.
Buatlah daftardari manfaat masing-masing pilihan anda. Setelah manfaat semua pilihan anda dapat anda tuliskan kemudian bandingkanlah antara satu dengan yang lainnya. Tentu saja sebuah pilihan yang mempunyai daftar manfaat yang banyak itulah yang akan kita pilih. Pilihlah sesuatu yang berkaitan dengan apa yang akan anda kerjakan atau usahakan sesuai dengan potensi yang anda miliki, karena hal tersebut akan membuat kita nyaman melakukan semua itu.

3. Yakin dan optimis

Keyakinan dan rasa optimis akan kita butuhkan setelah kita menentukan pilihan kita. Yakin dan optimislah bahwa pilihan yang anda pilih itu sesuai dengan potensi dan akan menjadi lebih sukses. Tanpa keyakinan dan rasa optimis yang besar, anda akan ragu dengan pilihan yang anda pilih.
Membangun sebuah keyakinan dan rasa optimis salah satunya adalah dengan belajar dari pengalaman orang lain, membaca biografi orang sukses. Dari sana kita akan tahu bahwa orang-orang tersebut mengawali langkah suksesnya dengan pilihan bahwa ia melakukan sesuatu sesuai dengan potensi yang ada dalam dirinya.

4. Berubah

Hal berikutnya setelah kita yakin dan optimis akan pilihan kita , adalh kemauan untuk berubah. Berubah adalah bukan masalah yang sederhana. Kelihatan sepintas memang sederhana karena hanya sekedar berubah, namun bila kita tidak tahu kendala yang kita hadapi dalam perubahan tersebut malah akan mengakibatkan sebuah perubahan yang akan membuat kita pada kemunduran, bukan pada kesuksesan. Kendala dalam perubahan adalah “ketakutan”. Ya, ketakutan itu tentang kegagalan ataupun rintangan yang ada. Namun kalau kita sadari lebih lanjut, ternyata ketakutan itu tidak berasal dari luar diri kita melainkan berasal dari pikiran kita sendiri. Kalau kita sadari bahwa ketakutan itu berasal dari diri kita sendiri, Mengapa kita tak singkirkan sekarang juga?

5. Gulingkan bola kecil

Setelah kita mau berubah dan menyingkirkan ketakutan dalam diri, hal berikutnya menggulingkan bola kecil atau melakukan langkah awal. Tanpa langkah awal, langkah akhir tidak akan pernah tercapai. Tanpa menginjakkan anak tangga pertama, kita tidak akan pernah sampai di ujung anak tangga. Sekecil apapun yang kita kerjakan, lakukanlah hal tersebut. Lakukan langkah awal setelah kita menyadari bahwa pentingnya perubahan yang harus kita lakukan.

4. Jangan pikirkan hasil akhir

Setelah melakukan langkah awal berikutnya adalah jangan pikirkan hasil akhir. Mengapa ?
kita akan kehabisan tenaga dilangkah awal kita. Gunakan energi yang ada untuk mendorong kemajuan pada setiap langkah yang kita buat, jangan sampai kita memikirkan atau mengharapkan hasil akhir sehingga kita akan kekurangan energi pada langkah awal. Tidak memikirkan hasil akhir adalah pasrah. Kita lakukan semaksimal mungkin dan sekuat tenaga yang kita punya. Hasilnya ?
Jangan pikirkan itu, yang perlu kita ingat adalah tidak ada sesuatu yang sia-sia di dunia ini.

Itulah bahan bakar diri yang perlu kita perlu miliki untuk selalu sukses dalam semua urusan , pekerjaan, ataupun usaha yang kita lakukan.

*) National motivator Trainer – master trainer ROCOLLECTION.
http:// http://www.agungwebe.com

Iklan
Categories: bangkitkan motivasi hidup ! | Tag: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: