Pembenahan Moral Demi Kesadaran Akan Tanggung Jawab

Kontribusi oleh :

Septian Prima Rusbariandi

Fakultas Ekonomi


Pembenahan Moral Demi Kesadaran Akan Tanggung Jawab

Kaum muda sebagai aset yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup dimasa mendatang sudah seharusnya dibina dengan seapik mungkin guna mencetak pribadi-pribadi berkualitas yang mampu membangun negeri ini menuju cita-cita bersama ke arah yang lebih baik. Dan sudah semestinya pula pembinaan bibit-bibit bangsa ini dibarengi dengan pendidikan moral yang terstruktur rapi serta bertahap pada setiap jenjangnya. Kata “moral” disinyalir jelas sangat mempengaruhi cara pandang berfikir seseorang dalam bertindak menjalankan rutinitas aktivitasnya.

Dengan moral yang tertanam dalam karakter pribadi manusia, nantinya akan menuntunnya kemana sehari-hari ia akan melangkah, apakah cenderung pada perbuatan yang bernilai manfaat atau sebaliknya hanya membiarkan waktu terbuang sia-sia. Karena ketika seseorang sudah tidak bermoral, sangat dikhawatirkan dia akan bertindak semena-mena, melupakan semua hal yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya.

Terlebih-lebih di zaman sekarang ini, dimana segenap luapan gemerlap kemajuaan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sudah tidak terbendung lagi berakibat pada banyaknya para generasi muda yang tidak mampu menahan diri dari serangan virus-virus negatif yang terus saja bermunculan, seperti misalkan derasnya kecenderungan akan barang-barang narkotika, dunia musik, dunia satelit/internet ,kebiasaan merokok, pacaran atau bahkan  pergaulan bebas yang perlahan tapi pasti mulai mencabik-cabik moral kaum muda yang berdampak pada terbuainya mereka dengan kesibukan-kesibukan tiada bermanfaat yang kemudian justru memandulkan atau mematikan kreativitas daripada jiwa-jiwa muda.

Maka dari itu, berdasar pada fenomena yang kerap terjadi, perlu kiranya digarisbawahi bahwa ialah sangat perlu untuk dilakukan perbaikan moral para generasi muda saat ini, kembali ke jalan yang benar, kembali mengikuti norma-norma yang berlaku maupun ajaran agama yang disyariatkan agar sekiranya mereka dapat menemukan titik kesadaran dalam hidup mereka sehingga mereka mengetahui arah dan tujuan yang sebenarnya harus ditempuh.

Mungkin kita juga harus banyak belajar dari orang-oarang terdahulu yang  bermula dari ketangguhan moral yang dimilikinya mampu mengantarkan dirinya sebagai pribadi dengan disiplin tinggi, memiliki visi & misi yang jelas, serta tekad kuat untuk mencapai yang terbaik akibat telah melekatnya kesadaraan akan melaksanakan tanggung jawab. Perbaikan moral juga sangat ditentukan dari peranan orang tua, keluarga, orang terdekat serta lingkungan yang mendukung yang dapat memberi contoh teladan terhadap generasi muda untuk mengarahkan cara bersikap yang sepatutnya ditiru.

Jika di setiap pribadi generasi muda telah diproteksi dengan kecakapan bermoral  yang terdidik dan berkualitas serta dipadu dengan keteguhan Imtaq (iman dan taqwa) yang konsisten, maka jelas nantinya yang terbetik dalam hati pemuda tersebut ialah pikiran memenuhi setiap tanggung jawab buah hasil keinsyafan yang telah terpaku dalam benak perasaan dan pemikirannya, sebagai amanah yang wajib diemban bagi setiap jiwa muda.

Dan juga sekeras apapun sinyal-sinyal/pengaruh negatif yang ditujukan khususnya kepada mereka, niscaya sinyal negatif tersebut sedikitpun tak akan mampu menggoyahkan tekad kuat atas cita-cita yang telah diikrarkan sebelumnya, perumpamaannya tak lain seperti  tegarnya bebatuan karang dipinggir pantai yang takkan goyang (tak bergerak) sedikitpun ketika harus diterjang arus ombak yang amat keras nan bertubi-tubi.

Dapat kita rangkum bahwa kehadiran generasi muda dengan kesadaran diri untuk membangun ketangguhan moral inilah yang akan memberikan cahaya terang, sinar harapan yang menjamin masa depan bangsa menuju kehidupan lebih baik demi melahirkan karakter-karakter pribadi pemuda berkualitas yang mampu menjawab segala tantangan dikemudian hari dalam upaya mewujudkan ketahanan nasional.

sumber gambar :

Categories: catatan seorang mahasiswa | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: