Pikiran yang tak semestinya menyelimuti

Pikiran yang tak semestinya menyelimuti

Prasangka buruk… mungkin itulah menyelimuti pikiran ini, dengan sifat kotor itu, dunia serasa begitu sempit, bahkan teramat sangat sempit sehingga energi positif pun sulit untuk merangsek masuk dalam tubuh. Padahal, sejak nenek moyang manusia dilahirkan, dunia sudah sangatlah luas, belum lagi beratapkan langit yang juga luasnya tak terkira oleh para jiwa manusia penghuni bumi. Sudah menjadi keharusan jika prasangka buruk itu dibuang jauh-jauh dari dalam sanubari manusia, waktu yang semestinya dihabiskan untuk menyelesaikan berbagai urusan yang dirasa lebih bermanfaat, amat merugi bila dihabiskan hanya untuk berinteraksi dengan pikiran buruk itu.

Jadi teringat apa yang tertulis dalam karya imam ibnu qoyyim yang menuliskan bahwa angan-angan kosong yang melintas dalam benak pikiran tak ubahnya orang yang sedang melintasdi perjalanan, jika kita memaksakan untuk tak berinteraksi dengannya, maka sudah pasti orang itu cenderung akan terus melintas dan menjauhi kita. Maka begitupun sama halnya dengan prasangka buruk, jangan kita biarkan diri kita ini memberikan ruang untuknya sehingga ia berinteraksi dengan kita, tapi biarlah ia berlalu, melintas jauh-jauh, karena memang dia sangat tak pantas bernaung dalam pikiran kita.

Prasangka buruk hanya akan menambah catatan buruk dari dosa-dosa yang telah ada, membuat perasaan menjadi terbebani, hidup seakan terasa sangat kejam, serta langit dan bumi yang dianggap terasa sangat sempit. Oleh karenanya, kita sebagai manusia, mesti banyak belajar membiasakan diri agar pikiran kita hanya diperuntukkan bagi pikiran-pikiran positif, yang juga disertai dengan usaha sepadan dan tak lupa jua berdoa disertai memasrahkan diri kepada Sang Khaliq, Allah Ta’ala.

Citayam, 30 mei 2010

Categories: catatan tentang opini pribadi | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: