Pemain (sepak bola) beragama muslim yang menjadi pahlawan di negara non muslim

Sungguh sangat mengispirasikan, bukan hanya bagi kaum muslim, tapi juga jiwa muda kaum muslimin khususnya. Seorang anak muda keturunan Turki yang sangat berbakat dalam hal sepak bola, mampu memberikan terbaik dalam suatu ajang kompetisi sepak bola terbesar di kolong langit, di bumi ini.

Ialah Mesut Ozil, pemuda muslim kelahiran jerman yang membela timnas der panzer dalam ajang piala dunia, berperan sebagai gelandang serang, ozil… begitu biasa dipanggil, dengan sangat memukau , mampu menarik perhatian banyak penonton pertandingan piala dunia, karena jasanya yang cukup signifikan dalam membawa jerman untuk menampilkan permainan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga menghibur setiap mata yang memandangnya.

Bayangkan saja, di ajang piala dunia kali ini, ia masih berumur 21 tahun, sangat terbilang muda, namun sarat dengan segudang prestasi, terlebih-lebih mampu mengantarkan negara yang notabene non muslim, jerman, mampu berbicara banyak dalam kompetisi piala dunia 2010, dan penghargaan masyarakat jerman pun tak pelak di sandangkan kepada dirinya.

Semoga spirit yang dimiliki ozil, bisa menjadikan inspirasi bagi kita untuk tetap terus bergerak, berfikir, dan mengambil pelajaran bahwa masa muda adalah masa dengan penuh luapan semangat hidup, kobaran spirit yang harus dimanfaatkan agar sekiranya bisa membuahkan  hasil yang lebih baik untuk mewarnai apa yang kita sebut sebagai kehidupan.

Berbicara pemain sepak bola muslim sebenarnya masih cukup banyak yang dapat kita sebut, salah satu yang paling  famous tak lain dan tak bukan ialah zidane zidan, sebagai pesepak bola prancis yang mengantarkan negaranya ke puncak juara. Dan berikut ini ialah nama-nama pemain muslim yang kini sempat mewakili negaranya di ajang piala dunia afrika selatan 2010 (di sadur dari http://www.tribun-timur.com) :

Sami Khedira. Dia adalah pemain keturunan Tunisia. Sebagai pemain tengah di tim nasional dan klub Stuttgart, Khedira dikenal sebagai pemain santun. Pemain berambut gondrong kelahiran 4 April 1987 ini beragama Islam sejak lahir karena orangtuanya berbangsa Tunisia yang mayoritas penduduknya muslim.

Serdar Tasci. Dia sama seperti Mesut Oezil. Dia adalah pemain nasional Jerman keturunan Turki kelahiran 24 April 1987 .

Ibrahim Afellay (Belanda). Ia lahir 2 April 1986, keturunan Maroko. Ia bermain di club PSV. Robin van Persie (Belanda) juga ternyata muslim, ia lahir 6 Agustus 1983. Ia berasal dari Arsenal.

Khalid Boulahrouz (Belanda). Juga keturunan Maroko. Ia lahir 28 Desember 1981, ia bermain di Stuttgart.

Perancis juga menyimpan banyak pemain muslim yang juga berasal dari Maroko. Mereka adalah Vassiriki “Abou” Diaby (Perancis), kelahiran 11 Mei 1986, yang bermain di Arsenal.

Lalu ada Franck Ribéry (Perancis), kelahiran 7 April 1983, dia Muallaf. Kini nama Islamnya Bilal Yusuf Mohammed. Ia bermain di Bayern Munich.

Nicolas Sebastien Anelka, kelahiran 14 Maret 1979. Dia juga muallaf. Nama Islamnya Abdul Salam Bilal.

Éric Abidal (Perancis), nama aslinya Éric Sylvain Abidal, kelahiran 11 September 1979, sekarang bermain di Barcelona.

Hakan Yakin (Swiss), kelahiran 22 Februari 1977, dia keturunan Turki yang bermain di Club Lucerne.

Sulley Muntari (Ghana), nama aslinya sih Sulleyman Ali Muntari, cuman orang lebih kenal dengan Sulley Muntari. Kelahiran 27 Agustus 1984, sekarang bermain di Inter Milan.

Yaya Touré (Pantai Gading), nama aslinya Gnégnéri Yaya Touré, Kelahiran 13 Mei 1983. Dia main di Barcelona. Ia adik kandung dari Kolo Touré.

Kolo Touré (Pantai Gading), nama aslinya Kolo Habib Touré, kelahiran 19 Maret 1981. Main di Manchester City.

Rabiu Afolabi (Nigeria), kelahiran 18 April 1980, club sekarang Red Bull Salzburg.

Taye Taiwo (Nigeria), nama aslinya Taye Ismaila Taïwo, kelahiran 16 April 1985. Club sekarang Marseille

Ayegbeni Yakubu (Nigeria), kelahiran 22 November 1982, club sekarang Everton.

Obafemi Akinwunmi Martins (Nigeria), kelahiran 28 Oktober 1984, club sekarang Wolfsburg.

Karim Ziani (Algeria), nama aslinya Karim Koceila Yanis Ziani, lahir di Perancis, 17 Agustus 1982. Club sekarang Wolfsburg.

Nadir Belhadj (Algeria), kelahiran Perancis, 18 Juni 1982. Club sekarang Portsmouth.

Hassan Yebda (Algeria), Perancis, 14 Mei 1984. Club sekarang Benfica.

Lee Woon Jae (Korea Selatan) Dia adalah penjaga gawang (Goal Keeper). Woon-Jae, lahir 26 April, 1973 di Cheongju, bertinggi badan 182 cm dan berat 82 kg. Woon-Jae menjadi palang pintu terakhir tim nasional Korea Selatan. Woon Jae pernah memukau publik Indonesia di Piala Asia 2007.

Perkenalannya dengan Islam, terjadi di tahun 2004, sebelumnya, Woon-Jae memeluk agama Kristen, namun seiring perkembangan Islam di Korea Selatan, Woon-Jae memutuskan untuk menjadi muallaf. Dia pahlawan Korsel di Piala Dunia 2002. Club sekarang Suwon Samsung Bluewings

Gelandang Nigeria, Sani Kaita juga seorang muslim. Ia mengakuinya sendiri saat mendapat ancaman pembunuhan beberapa waktu lalu.(*)

referensi artikel :

http://www.tribun-timur.com/read/artikel/115635/Inilah-Pemain-Beragama-Islam-di-Piala-Dunia-2010

Categories: catatan tentang opini pribadi | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: