Makanan Pembasmi Jejak Rokok

Siap berhenti merokok? Kalau sudah siap, saatnya perbanyak konsumsi sayur-sayuran, kurangi asupan daging, dan tukarkan secangkir kopi kita dengan segelas susu. Makanan dan minuman tadi akan mempermudah proses perjuangan kita.

Studi yang dilakukan oleh Duke University menunjukkan, buah-buahan, sayur-sayuran, dan bahan olahan susu mampu membuat rokok terasa tidak enak. Sebaliknya, makanan seperti daging, kopi, dan minuman beralkohol akan menghadirkan kenikmatan yang lebih ketika merokok. Hal ini disampaikan F Joseph McClernon, PhD, psikolog dari Duke University.

Konsep kuno menunjukkan, kandungan nikotin dalam rokoklah yang menjadi satu-satunya faktor penyebab kecanduan. “Namun, kami telah mempelajarinya lebih dalam, dan ternyata kecanduan rokok juga bisa disebabkan oleh adanya efek sensor perasa, penciuman, pengelihatan, dan rutinitas kebiasaan merokok,” ucap McClernon.

Studi dilakukan terhadap 209 perokok berusia 21 tahun dan memiliki kebiasaan merokok minimal satu pak rokok setiap hari. Mereka diminta untuk menuliskan daftar makanan yang mampu meningkatkan dan mengurangi kenikmatan merokok mereka. Ternyata, hampir 70 persen perokok menyatakan, minuman dengan kandungan kafein, alkohol, dan daging-dagingan akan membuat rokok mereka mengepul lebih nikmat.

Namun anehnya, sebanyak 45 persen perokok juga memberitahukan beberapa makanan, seperti buah, sayuran, minuman tanpa kandungan kafein (air putih dan jus), serta produk-produk olahan susu malah bisa membuat rokok mereka menjadi terasa tidak enak. Penemuan ini menyakinkan kita bahwa mengonsumsi asupan-asupan yang bisa memengaruhi rasa rokok tersebut adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengunci mulut dan jari tangan kita agar terbebas dari rokok dalam jangka panjang.

Berikut tiga makanan yang bisa membantu mulut kita untuk berhenti mengepul:

Susu dan produk olahannya. Setelah meneguk segelas susu, kita tidak dapat menikmati rokok dengan kepuasan dan sensasi yang sama. Pasalnya, susu membuatnya terasa hambar.

Cara: coba celupkan rokok ke dalam susu. Keringkan dan coba gunakan untuk merokok. Untuk melenyapkan rasa kecanduan rokok, trik ini bisa digunakan sebagai alat penyetop yang ampuh. Dijamin, kita tidak akan menyukai rasanya.

Jus jeruk. Ketika seseorang rutin merokok setiap hari, maka mereka akan kehilangan asupan vitamin C dalam jumlah yang banyak. Biasanya tubuh akan menyesuaikan kondisi tersebut dan menggantinya dengan beberapa elemen tidak alami yang diterima dari nikotin. Jadi, jika ingin bebas dari bayang-bayang rokok lebih cepat, maka sangatlah penting untuk mulai mengasup vitamin C alami lebih banyak: jeruk, lemon, blackcurrant, delima, dan buah-buah bervitamin C lain yang tidak hanya baik untuk kesehatan semua orang, terutama bagi yang memiliki ketergantungan terhadap nikotin.

Seledri bersama-sama dengan sayuran lain, seperti zucchini, terong, polong-polongan, dan bahkan timun juga bisa memengaruhi rasa rokok. Mengonsumsi sayuran ini akan menurunkan rasa kecanduan kita terhadap nikotin (catatan: kita harus bebas alkohol). Mengunyah tangkai seledri akan mencegah kita dari craving atau kecanduan.

Apabila tidak suka seledri, kita bisa menggantinya dengan wortel. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi sayuran manis sebab kelebihan kadar glukosa akan mengaktifkan bagian otak yang bertanggung jawab dalam menimbulkan rasa nikmat dan puas. Dengan kata lain, glukosa akan membuat kita terus kecanduan. (PreventionIndonesiaonline/Astrid Anastasia)

di sadur dari : KOMPAS.com

sumber :http://health.kompas.com/read/xml/2010/08/31/13173380/Makanan.Pembasmi.Jejak.Rokok-12

Categories: info kesehatan | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: