Memperluas Cakrawala Berpikir

Memperluas Cakrawala Berpikir

Setiap manusia mempunyai pola pikir dengan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Cara mereka dalam mengungkapkan apa yang terekam dibenak pikirannya disampaikan dengan kemampuan yang dikuasainya. Namun terkadang, jangankan untuk mengungkapkan sesuatu yang terdapat dalam pikirannya, untuk berpikir secara jernih dan rasional pun manusia masih membutuhkan waktu yang tak sedikit dikarenakan keterbatasan input yang seharusnya terangkum dalam otak/pikirannya. Ketika input yang masuk mempunyai kuantitas yang memadai, maka tingkat kesulitan manusia tersebut dalam mengelola pikirannya akan cenderung menjadi berkurang dan output yang disalurkan akan lebih memiliki variasi.

Perlu juga untuk kita perhatikan bahwa kuantitas saja tidak cukup untuk dapat menghasilkan output suatu pemikiran yang excellent, “kualitas” lah yang seharusnya diprioritaskan. Sebab, dampak jelas akan terasa berbeda jika kuantitas input yang betapa sangat memadai tetapi tidak diimbangi dengan kualitas yang terbaik dari input tersebut. Dengan juga mempertimbangkan antara kuantitas dan kualitas input yang masuk, bukan tidak mungkin daya pikir kita akan menghasilkan output yang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Selanjutnya untuk lebih mempertajam pola pikir, kita tentunya juga harus belajar banyak dari pengalaman-pengalaman masa lampau yang pernah kita lewati. Tak kurang sekian banyaknya suatu hal atau bahkan permasalahan kita selesaikan dengan sangat ceroboh tanpa ingin untuk kita pikirkan matang-matang permasalan tersebut. Pada hakikatnya segala urusan akan menjadi mudah untuk kita pikirkan jika kita memang  memandang dengan sikap optimisme.

Kita ambil saja perumpamaannya seperti saat-saat kita memfoto suatu objek yang menjadi tujuan kita. Seberapa pun bagusnya objek tersebut, namun apabila kita salah mengambil sudut pandang yang semestinya, sudah barang pasti hasil dari objek yang kita foto tersebut pun akan menjadi terlihat tidak bagus. Dan juga sebaliknya, jika kita mencoba lebih berinisiatif untuk mencari sudut pandang terbaik, yang  memungkinkan agar objek yang kita foto menjadi sangat indah.

Bagitu pun sama halnya dengan suatu hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan ini, sebuah urusan yang sekilas kita pandang akan terlihat sangat memberatkan, tapi jika kita mau sedikit memperluas carkrawala berfikir kita, mencari sudut pandang yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan, sungguh akan terasa begitu indahnya saat urusan tersebut dapat kita selesaikan dengan penuh mengupayakan kreatifitas maupun inisiatif yang lebih matang.

Wallahu a’lam bishawab

sumber gambar:

http://alirakhman.files.wordpress.com/2010/04/berpikir.jpg

Categories: catatan tentang opini pribadi | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: