5 Penyakit Hati Yang Perlu Diwaspadai

Sikap dan Perbuatan kita didunia ini telah ada norma-norma yang mengatur, baik adat maupun dalam agama, Tidak ada satu orangpun yang sempurna diatas muka bumi ini, bahkan hati orangpun tidak ada yang bersih, oleh sebab itu manusia terbagi dua tipe, yaitu :

tipe pertama adalah manusia yang saluing berlomba-lomba dalam kemaksiatan/hal buruk, dan tipe ke dua adalah manusia yang senantiasa ingin mengejar kebajikan-kebajikan (Hal positif). nah ketahuilah ciri-ciri penyakit hati yang dapat mengotori dan menodai hati:

1. Iri hati
Sifat ini membuat kita selalu merasa tidak senang dengan kesenangan, kebahagiaan, keberuntungan, dan kesuksesan orang lain. Kita pun cenderung berusaha menyaingi orang itu dengan berbagai cara. Bahkan, terkadang kita ingin merusak kesenangan itu. Namun, jika rasa iri lebih kepada ke arah kebaikan, seperti ingin sukses agar dapat menyebarkan ilmu di kemudian hari atau iri untuk menyebarkan kebahagiaan kepada orang lain, boleh-boleh saja, lho.

2. Provokatif
Sifat ini membuat kita berusaha untuk selalu memengaruhi orang lain melakukan tindakan yang kurang baik. Misalnya, menulari kebencian kita kepada orang lain atau memanas-manasi dengan tujuan menimbulkan permusuhan atau melahirkan kebencian dengan orang itu kepada orang lain.

3. Menebar fitnah
Inilah kegiatan menyebarkan kejelekan orang lain sehingga nama baik orang itu tercemar atau membohongi seseorang agar menimbulkan kebencian.

4. Berburuk sangka
Buruk sangka adalah sifat yang selalu mencurigai atau menyangka orang lain berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas.

5. Ingkar janji

Penyakit hati ini berupa sikap tidak bertanggung jawab atau mangkir atas amanat atau kepercayaan yang telah dilimpahkan orang lain kepada kita. Biasanya disertai bohong dengan mengobral janji. Orang yang sering ingkar janji berisiko tidak disukai orang di sekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.
Dalam ajaran islam sendiri dikenal dengan ciri-ciri orang munafik diantaranya:
1. Jika bicara Ia selalu berbohong
2. Jika Janji selalu di Ingkari/langgar janji
3. Jika dipercaya Ia selalu menghianati
Sampai-sampai nabi Muhammad sendiri mewanti-wanti jangan sampai memiliki ciri-ciri seperti diatas karena tiga hal tersebut yang merusak hati kita

Bagaimana menurut Anda, apakah ada “penyakit-penyakit” hati lain yang patut dihindari supaya hati kita bisa senantiasa bersih?

sumber : http://pandjiwinoto.co.cc/2010/08/27/5-penyakit-hati-yang-perlu-diwaspadai/

Categories: catatan lepas septian | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: