Sumpah Pemuda yang Terlewatkan

Isi Sumpah Pemuda

PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang biasa dilakukan setiap tanggal 28 oktober menjadi moment penting bagi segenap pemuda Tanah Air untuk tetap memegang teguh pengakuan yang dahulu telah diikrarkan. Paling tidak ada tiga point penting yang tersirat dalam isi Sumpah Pemuda, pertama mengenai pengakuan Tanah bersama Indonesia, kedua mengenai pengakuan Bangsa bersama yaitu Bangsa Indonesia, dan yang ketiga mengenai pengakuan berbahasa satu, Bahasa Indonesia. Dengan spirit kebersamaan yang tertanam dalam sumpah ini, maka tak pantas rasanya jika para pemuda Indonesia membicarakan setiap perbedaan yang timbul. Justru sudah semestinya pemuda-pemudi indonesia menjunjung tinggi persamaan yang telah terbentuk. Mari kita tinggalkan budaya hedonisme, yang memisahkan antara si Kaya dan si Miskin. Setiap pemuda-pemudi Indonesia memiliki kedudukan yang sama sebagai warganegara Indonesia. Mari kita tinggalkan baku hantam jika hanya untuk mengejar keuntungan pribadi, mari bersama kita wujudkan kedamaian hidup antar pemuda, dengan tetap  menjaga nama baik Bangsa Indonesia.

Iklan
Categories: catatan tentang opini pribadi | Tag: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: