Mengetahui Pentingnya Peranan Dalam Mempengaruhi Keputusan Konsumen

Tema : Peranan Dalam Mengambil Keputusan

Judul : Mengetahui Pentingnya Peranan Dalam Mempengaruhi Keputusan Konsumen

Oleh :

Septian Prima Rusbariandi

Fakultas Ekonomi, Departemen Manajemen


Tingkat pengaruh yang ditimbulkan akibat sebuah peranan terhadap keputusan pembelian kita sadari mempunyai dampak yang cukup signifikan. Dengan peranan yang ada tersebut, seorang konsumen akan dapat terbantu untuk menentukan apa yang menjadi pilihannya. Dan pada saat proses pembelianlah, sebuah peranan jelas akan dibutuhkan oleh konsumen, baik itu secara langsung maupun tidak. Berikut ialah Jenis-jenis peranan dalam proses pembelian yang dilakukan konsumen*: 1. Initiator (Pemberikan gagasan untuk mengambil keputusan pembelian  konsumen) 2. Influencer (orang yang berusaha memberikan dorongan atau ajakan terhadap gagasan yang telah ada) 3. Decider (orang yang mengambil keputusan dalam pembelian) 4. Purchaser (orang yang melaksanakan keputusan pembelian) 5. User (Pengguna dari barang yang telah dibeli).

Kelima hal tersebut dapat dilakukan oleh beberapa orang atau bahkan dapat dilakukan sendiri oleh orang yang bersangkutan. Bila kelima peranan tersebut dilakukan oleh beberapa orang, maka diantaranya ada pihak-pihak yang sangat berpengaruh berperan terhadap proses pengambilan keputusan konsumen. Sebut saja influencer dan initiator, 2 peranan ini menjadi tonggak awal seorang konsumen menetapkan keputusan pembeliannya, dengan kata lain sangat menentukan kelancaran dari proses pembelian. Seperti misalnya kita ambil contoh ada seorang mahasiswa yang ingin membeli laptop baru guna mendukung perkuliahannya. Ketika dalam proses negosiasi pembelian, muncul seorang pelayan yang juga kasir di toko laptop itu untuk melayani mahasiswa tersebut, ketika mahasiswa tersebut dihadapkan dengan dua pilihan apakah ingin membeli laptop bermerk X atau laptop bermerk Y. Setelah mahasiswa itu memutuskan untuk bertanya kepada pelayannya, jelas si pelayan akan menyarankan si mahasiswa untuk membeli laptop dengan kualitas yang baik dan terjamin dari kedua pilihan laptop yang ada. Dari sini kita bisa melihat bahwa si pelayan dalam contoh kasus ini bertindak sebagai Influencer, karena dia mampu mempengaruhi atau mendorong mahasiswa untuk menentukan pilihan yang akan diambilnya. Dengan demikian, promosi penjualan yang dilakukan oleh si pelayan sangat berpengaruh terhadap para konsumen yang datang.

Lain lagi halnya dengan initiator. Jika influencer mencoba memberikan dorongan terhadap keputusan pembelian konsumen, maka initiator memberikan gagasan pemikiran terhadap keputusan yang akan diambil konsumen. Contoh yang dapat kita ambil ialah misalkan ada seorang murid SMA yang sedang dilanda rasa resah dan gundah karena akan menghadapi saringan masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN. Lantas ia pun bertanya kepada Bapak Gurunya bagaimana cara untuk mengatasi keresahan yang tengah dihadapi. Ketika itupun Sang Bapak Guru memberikan ide kepada murid tersebut untuk membeli buku kumpulan Soal-soal SNMPTN sepuluh tahun terakhir, untuk kemudian menanyakan kepada Bapak Guru jika ada pembahasan soal-soal yang terbilang sulit untuk dicerna. Dan akhirnya murid itupun berangkat ke toko buku untuk membeli buku yang dimaksud. Dalam contoh kasus ini jelas si Bapak Guru berperan sebagai initiator, dikarenakan mampu memberikan ide kepada muridnya. Sebenarnya masih banyak lagi contoh kasus dalam peranan terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen. Namun dari beberapa contoh kasus tersebut dapat kita tarik benang merahnya bahwa peranan yang datang sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan proses pembelian.

Referensi :

* * Budiarto, Teguh (1993). Seri Diktat Kuliah Dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Iklan
Categories: ekonomi - (perilaku konsumen) | Tag: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: