Kembali Tumbuhkan Semangat Perjuangan di Hari Pahlawan

Sepuluh November menjadi moment yang sangat berharga bagi segenap warga negara Indonesia, karena pada tanggal inilah diperingati jasa-jasa para pahlawan bangsa, terkhusus kepada pahlwan yang telah gugur. Tak terbayangkan tebalnya sebuah buku yang harus dibuat, jika kita mencoba untuk mengumpulkan catatan-catatan sejarah para pahlawan. Mereka-mereka yang gugur membela tanah air dengan sepenuh jiwa raga demi mengaharap ridho Allah Ta’ala menjadi teramat berkharisma dimata kita sang generasi penerus.

Mereka berjuang tak kenal letih megorbankan jiwa, raga dan harta sampai kepada titik darah penghabisan. Setelah zaman berganti menyesuaikan dengan perkembangan waktu, jasa-jasa pahlawan yang dahulunya begitu gigihnya berjuang meneggakkan keberanian, perlahan seolah surut terlupakan karena kesibukan dari individu-individu manusia. Sebab, jika kita pandai mengamati keadaan sekitar, peringatan Hari Pahlawan ini dapat dijadikan bahan bakar semangat bagi kita generasi penerus untuk terus melanjutkan perjuangan pahlawan dengan cara kita, kemampuan kita menuju suatu kehidupan yang lebih baik.

Lebih dalam lagi, Hari Pahlawan ini sudah semestinya pula kita renungi bukan hanya sebagai peringatan jasa panglawan-pahlawan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga mencakup semua manusia yang telah berani berkorban untuk kita sehingga kita mampu melanjutkan kehidupan di dunia samapi saat ini. Orang tua, guru, para ilmuan, tak lupa pula orang-orang shalih, Rasulullah, para Nabi, sahabat Nabi. Mereka jelas juga termasuk kedalam kategori pahlawan yang mesti kita hormati jerih payahnya yang telah sungguh-sungguh berkontribusi banyak bagi kelanjutan kehidupan ini.

Namun, akan menjadi pertanyaan bagi kita sebagai generasi penerus, “pengorbanan apa yang telah kita wujudkan demi melanjutkan perjuangan-perjuangan para pahlawan yang sebelumnya?” atau “dengan cara apa kita menghargai jasa-jasa para pahlawan kita”, paling tidak dengan dua pertanyaan ini kita cukup untuk merenungi keberadaan kita dihadapan para pahlawan. Oleh karenanya, dengan hari peringatan ini, sudah semestinya kita mampu bangkit, mencontoh para teladan-teladan kita yang telah dulu berjuang penuh daya dan upaya. Semoga Allah swt. memberikan Rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita agar kita mampu melanjutkan sekaligus menghargai serta mensyukuri jasa perjuangan para pahlawan kita. Amin.

Categories: catatan tentang opini pribadi | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: