Mengandalkan Bioenergi Sebagai Alternatif Pilihan Bagi Generasi Mendatang

Pemanfaatan bioenergi dengan mengolah bahan-bahan organik sebagai sumber energi selama ini masih dipertanyakan efektifitas dan manfaatnya bagi masyarakat. Nah, seberapa besar manfaatnya harus dilihat dari banyak aspek.

Sebuah studi tentang efektifitas pemanfaatan bioenergi dipaparkan dalam rangkaian 7th Biomass Asia Workshop yang diselenggarakan di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BPPT), Jakarta, 29 November-2 Desember 2010. Studi tersebut dilakukan oleh Udin Hasanudin dan Agus Haryanto dari Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Dalam studi tersebut, Udin dan Agus mengevaluasi dua desa di Lampung Utara, yaitu Desa Way Isem dan wilayah Prokimal. Kedua desa telah mencoba memanfaatkan sumber energi biomassa, yakni produksi bioetanol dari singkong dan produksi minyak jarak.

“Dalam studi ini ada beberapa aspek yang dinilai, antara lain manfaat produksi bioenergi bagi lingkungan, ekonomi dan sumber daya manusia,” ungkap Udin kepada Kompas.com, Selasa (30/11/2010).

Sungguh kinerja anak bangsa yang patut kita hargai, dengan mengandalkan singkong dan produksi minyak jarak, minyak yang notabene menjadi kebutuhan sangat penting bagi masyarakat banyak dapat dihasilkan tanpa perlu melakukan pengeboran-pengeboran sampai ke laut lepas. Karena kita pun telah sangat menyadari bahwa minyak yang kita pakai saat ini, ada kemungkinan nantinya di masa mendatang akan mengalami penurunan. Oleh karenanya sedari dini pencarian cara untuk menemukan alternatif yang tepat memang dibutuhkan  agar kelak manusia tidak terpaku pada minyak asli yang hanya dapat diperoleh dari perut bumi.

Iklan
Categories: perkembangan teknologi | Tag: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: