Menimbangkan Persepsi Konsumen Dengan Isyarat Informasi

Kontribusi oleh : Septian Prima Rusbariandi / 11208153 / Departemen Manajemen

Dari tema : Proses Persepsi Konsumen

Menimbangkan Persepsi Konsumen Dengan Isyarat Informasi

Para konsumen sering menilai kualitas suatu produk atau jasa berdasarkan berbagai macam isyarat informasi, beberapa diantaranya intrinsik terhadap produk (seperti, warna, ukuran, rasa, aroma), sedangkan yang lain bersifat ekstrinsik (misalnya, harga, citra toko, citra merk, lingkungan jasa). Dalam keadaan tidak adanya pengalaman langsung atau informasi lain, para konsumen sering mengandalkan harga sebagai indikator kualitas.

Skala SERVQUAL, dirancang untuk mengukur kesenjangan harga antara harapan pelanggan mengenai pelayanan dan persepsi konsumen mengenai pelayanan yang diberikan, yang didasarkan pada lima dimensi berikut ini:

  1. Nyata, penampilan fasilitas fisik, peralatan, personalia, dan alat-alat komunikasi.
  2. Reliabilitas, kemampuan menyelenggarakan pelayanan yang dijanjikan, yang bisa diandalkan dan akurat.
  3. Daya tangkap, kesediaan untuk membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat.
  4. Jaminan, pengetahuan dan sopan santun karyawan dan kemampuan mereka untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan.
  5. Empati, kepedulian dan perhatian perorangan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan.

Persepsi didefinisikan sebagai proses yang dilakukan individu memilih, mengatur dan menafsirkan stimuli ke dalam gambar yang berarti dan masuk akal mengenai dunia. Persepsi mempunyai implikasi strategi bagi para pemasar, karena para konsumen mengambil keputusan berdasarkan apa yang mereka rasakan, daripada atas dasar realitas yang obyektif.

Contoh kasus yang dapat kita simak kali ini ialah bagaimana seorang Ibu yang sedang berbelanja di suatu supermarket sangat merasa terkesan dengan situsi ruangan yang begitu bersih, situasi ruangan yang sangat terjaga dari berbagai kotoran.  Namun demikian, Si Ibu tersebut tidak mengabaikan kualitas produk yang ditawarkan dalam supermarket tersebut. Dengan penuh ketelitian dan kecermatan ia memilah dan memilih produk dengan sangat hati-hati karena ia pun tak ingin kecewa dengan keputusannya membeli suatu produk dikemudian hari. Setelah ia memastikan produk yang dipilihnya, barulah ia merasa ada suatu kepuasan dalam dirinya terhadap aktivitas pembelian yang dilakukan di supermarket tersebut. Dari gambaran kejadian ini, dapat kita analisis bahwa Si Ibu tersebut mempresepsikan produk yang ia pilih berdasar pada informasi instrinsik (kualitas produknya secara langsung) dan juga berdasar pada informasi ekstrinsik (lingkungan penjualan yang bersih). Jika dilihat dari segi skala SERVQUAL,  paling tidak ada dua dimensi yang dijadikan Ibu tersebut dalam memberikan persepsi terhadap pelayanan yang diberikan supermarker, yaitu dimensi nyata dan reliabilitas.

 

Referensi

Categories: ekonomi - (perilaku konsumen) | Tags: , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Menimbangkan Persepsi Konsumen Dengan Isyarat Informasi

  1. junaidi abdillah

    mau tanya kl contoh produknya ap??
    makasih bgt membatu sekali

    • terima kasih kpd mas junaidi yang telah berkunjung..

      untuk contoh produknya saya pikir sangat banyak, kita bisa menyesuaikan dengan produk apapun, yang pasti produk tersebut dapat memberikan informasi yang dapat di percaya oleh konsumen, sehingga konsumen pun menjadi terpengaruh untuk membeli produk tersebut.

      seperti misalnya minuman air mineral dalam kemasan botol, dari berbagai merek yang ada, konsumen terkadang lebih cenderung memilih air mineral kemasan botol yang informasi mengenai produknya dapat di terima dengan baik, contohnya produk tersebut menginformasikan bahwa dalam proses penyulingan pembuatan air mineral itu kini telah menggunakan teknologi, yg diolah secara profesional melibatka tenaga ahli dan terjamin mutu dan kehigienisannya, selain itu air yang dijadikan sumber adalah berasal dari mata air pegunungan yg terpilih setelah dilakukan beberapa rangkaian penelitian terhadap kualitas mata air tersebut.

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: