Mengefektifkan Segmentasi Pasar

Kontribusi oleh : Septian Prima Rusbariandi / 11208153 / Departemen Manajemen
Dari tema : Syarat-syarat segmentasi yang efektif

Mengefektifkan Segmentasi Pasar

Belakangan ini seiring dengan persaingan bisnis yang semakin ketat ditambah lagi dengan mencuatnya berbagai inovasi baru, strategi pemasaran untuk melakukan apa yang disebut sebagai segmentasi pasar menjadi sangat diperlukan. Sebelum lebih jauh membahas mengenai Segmentasi Pasar, kiranya perlu kita pahami terlebih dahulu definisi segmentasi pasar itu sendiri, segementasi pasar merupakan proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku hererigen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Atau proses mengelompokkan bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam dengan tujuan untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.  Pada pelaksanaannya, segmentasi pasar dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti aspek geografis, demografis, psikografis, maupun kebiasaan.

Contoh penerapan segmentasi pasar bisa kita temukan di pusat-pusat perbelanjaan masyarakat, seperti di depok misalnya ada ITC Depok dan Depok Town Square yang mengelompokkan bagian-bagian pasar yang seragam di suatu lantai tertentu pada pusat perbelanjaan. Kios-kios handphone beserta asesorisnya atau mungkin kios pakaian keluarga dapat dengan mudah kita temukan hanya dengan mendatangi salah satu lantai yang menjadi tempat berkumpulnya para kios-kios dalam pusat perbelanjaan tersebut. Secara implisit jelas dengan adanya proses segmentasi pasar dapat memudahkan para konsumen dalam mendapatkan apa yang dicari. Terlebih pada pasar yang telah tersegmentasi ini, pkonsumen telah mengetahui informasi sempurna mengenai pasar, dan juga diantara penjual tidak dapat memasang  harga yang berlebih karena dikhawatirkan konsumen akan justru beralih ke penjual lainnya, pengingat penjual pada pasar yang tersegmentasi ini terbilang cukup banyak.

Adapun kiranya juga perlu diperhatikan mengenai efektifitas dari proses segmentasi pasar itu sendiri. Dan berikut ialah beberapa kriteria efektifitas segmentasi pasar :

1. Dapat dijangkau (accessable) , segmen pasar yang sudah dibentuk atau direncanakan belum tentu semua dapat terjangkau konsumen atau dapat dilayani oleh para penjual.

2. Dapat diukur (measurable) , meskipun perilaku bagian-bagian pasar adalah heterogen, tetapi dalam kenyataannya sulit untuk melakukan pengukuran perbedaan-perbedaan tersebut.

3. Memberikan Keuntungan (profitable) , segmen-segmen yang dibentuk seharusnya dapat memberikan peluang keuntungan dari berbagai usaha yang dijalaninya, sehingga agar kelak proses segmentasi ini dapat dikatakan bermanfaat.

Referensi :       Budiarto, Teguh. Dasar Pemasaran-seri diktat kuliah. Penerbit Gunadarma, Jakarta : 1993

Categories: ekonomi - (perilaku konsumen) | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: