Telusuri Sebab Munculnya Motivasi Konsumen

Kontribusi oleh : Septian Prima Rusbariandi / 11208153 / Departemen Manajemen
Dari tema : Konsep dan proses motivasi serta pengaruhnya terhadap perilaku konsumen

Telusuri Sebab Munculnya Motivasi Konsumen

Motivasi merupakan sebuah dorongan internal untuk melakukan tindakan sesuatu sebagai usaha pemenuhan kebutuhan (needs). Kendati demikian sering pula kita temui motivasi yang timbul dari diri kita berasal dari faktor-faktor eksternal yang kemudian faktor tersebut diolah menjadi sebuah perilaku seseorang. Berbicara mengenai konsep motivasi, paling tidak ada 2 konsep atau teori motivasi yang cukup sering kita dengar, yaitu Teori Motivasi Kebutuhan Maslow dan Teori Motivasi Dua-faktor Herzberg.

Secara garis besarnya Teori Maslow beranggapan bahwa munculnya motivasi seseorang adalah usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pribadi yang bertingkat-tingkat (yakni kebutuhan fisik, keamanan, sosialisasi, penghargaan dan jati-diri). Pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan secara berurut maksudnya bertingkat mulai dari kebutuhan yang paling bawah menuju ke kebutuhan yang paling atas. Sedangkan untuk Teori Herberg dikatakan bahwa motivasi seseorang melakukan kegiatan atay tindakan usaha untuk mencapai tingkat kepuasan (faktor motivasi) dan atau untuk menekan rasa ketidakpuasan (faktor hijienik).

Berhubungan dengan perilaku konsumen dalam menumbuhkan rasa motivasi, salah satu contoh yang dapat kita ambil ialah mengenai seorang remaja yang ingin membeli sepatu futsal dengan kualitas yang diinginkannya. Ketika ada keinginan yang muncul dalam benak remaja tersebut, kita cermati ada motivasi yang timbul dalam diri remaja tersebut. Dari sisi motivasi Maslow ada beberapa kemungkinan motivasi yang menyelimuti remaja tersebut, apakah ingin mendapatkan penghargaan dari rekan-rekannya dengan membeli sepatu bermutu bagus, atau mungkin ingin menunjukkan jati dirinya sebagai pemain futsal yang handal dengan ia menggunakan sepatu barunya nanti. Dan dari sisi motivasi Herzberg, boleh jadi keinginan ia membeli sepatu futsal yang baru sebagai sarana untuk mendapatkan kepuasan baru atau untuk menghilangkan rasa ketidakpuasan terhadap sepatu lama yang biasa dipakainya.

Referensi :       Budiarto, Teguh. Dasar Pemasaran-seri diktat kuliah. Penerbit Gunadarma, Jakarta : 1993

Categories: ekonomi - (perilaku konsumen) | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: