Mencari Strategi untuk Mengubah Sikap Konsumen

Kontribusi oleh : Septian Prima Rusbariandi / 11208153 / Departemen Manajemen
Dari tema : Fungsi sikap dan pengaruhnya terhadap konsumen

Mencari Strategi untuk Mengubah Sikap Konsumen

Dalam dunia bisnis membuat suatu keputusan yang akurat bukanlah hal yang mudah, karenanya memang sangat diperlukan perhitungan-perhitungan yang matang sebelum keputusan tersebut ditentukan. Berkaitan dengan perilaku konsumen dalam dunia pemasaran, keputusan membeli atau tidak membeli merupakan konsekuensi dari sikap seseorang. Perlu kita pahami bahwa sikap merupakan penIlaian relatif seseorang mengenai suatu obyek atau pemikiran tertentu secara konsisten.

Kendatipun dapat dipengaruhi oleh faktor luar, seperti faktor lingkungan, sikap termasuk penilaian yang sangat subyektif. Sikap seseorang akan membentuk perilaku (menerima atau menolak) yang sering kali sulit diubah. Walau demikian, pemasar perlu meakukan usaha membentuk sikap konsumen agar tidak menolak produk maupun perusahaan. Penelitian dengan pengukuran indeks sikap merupakan langkah untuk memahami sikap masyarakat.

Menjadi kewajiban bagi pemasar untuk bisa setidaknya mempengaruhi sikap konsumen, yang tentunya pula dengan cara-cara yang sportif lagi halal, bukan dengan cara yang tidak sportif (curang). Seperti misalnya si pemasar/penjual mencoba menganalisis (riset) kondisi dan situasi pasar, apa yang sebenarnya di cari dan di minati oleh konsumen, hal-hal apa saja yang mampu menarik perhatian konsumen. Dari beberapa pertanyaan tersebut, secara otomatis nantinya kita akan berfikir lebih lanjut dengan mengambil tindakan-tindakan yang kreatif guna mengembangkan maupun mengevaluasi kinerja pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Contohnya misalkan, si pemasar mencoba memberikan kuesioner kepada konsumen mengenai pelayanan yang telah diberikan, dari situ kedepannya akan dapat diketahui apa sebenarnya yang menjadi kelemahan dan kelebihan dari si pemasar. Atau mungkin langsung melakukan strategi terhadap penjualan produk misalnya, dengan mengadakan discout (potongan harga), pemberian bonus untuk konsumen yang membeli dalam jumlah banyak, jelas hal seperti ini yang dilakukan si pemasar, maka  setidaknya sikap konsumen dapat berubah dengan strategi-strategi pemasaran yang telah diterapkan.

Referensi :       Budiarto, Teguh. Dasar Pemasaran-seri diktat kuliah. Penerbit Gunadarma, Jakarta : 1993

Categories: ekonomi - (perilaku konsumen) | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: