Telusuri Sebab Melonjaknya Harga Cabai

 

Pemberitaan di berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik mengenai peningkatan harga cabai dipasaran cukup menjadi perhatian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat menengah ke bawah. Dari berita yang sempat saya dengar, harga cabai per kilogramnya mampu bertengger pada angka 90 ribu rupiah, sangat fantastis memang mengingat cabai merupakan kebutuhan sehari-hari yang sangat di perlukan oleh masyarakat. Bagi halnya masyarakat ekonomi ke bawah dan juga bagi produsen/penjual makanan yang senantiasa menggunakan cabai, kenaikan ini sangat memprihatinkan mereka, tetapi tidak bagi sebagian masyarakat kelas atas. Naiknya harga cabai yang terlalu tinggi bagi mereka yang biasa membelinya membuat mereka harus berfikir ulang untuk membeli atau menggunakan cabai dalam proses konsumsi, produksi atau penjualan yang biasa dilakukan. Seperti yang dikutip dari bataviase.co.id , meningkatnya harga cabai dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu antara lain : Berdasarkan penelusuran lapangan Kementerian Pertanian, penyebab lonjakan harga cabai pada akhir tahun tidak terlepas dari masalah tingginya curah hujan yang berkepanjangan sebagai imbas dari cuaca ekstrim. Hal ini secara langsung memukul tingkat produksi cabai di dalam negeri.

Memang di bulan Desember, Banyuwangi, Jember, Kediri, Brebes, Ciamis produksicabai turun 20-30 persen. Penyebabnya hama patek, ini berkembang karena udara lembab, hujan lebat membuat bunganya rusak.

Selain itu, ungkap Bayu, faktor musibah letusan Gunung Merapi dan Bromo turut punya andil dalam menurunkan produksi cabai di sentra-sentra produksi cabai. Meskipun pemerintah belum mengetahui pasti seberapa besar dampaknya. Pertengahan Januari dan akhir Januari di Grobogan akan panen juga.

Bayu juga mengatakan, tahun 2011, masalah cuaca ekstrem masih menjadi tantangan bagi pemerintah terkait dampaknya pada produksi pangan termasuk holtikultura seperti cabai.

Berbagai penyebab diatas masih dapat kita pahami dan maklumi karena mayoritas penyebab meningkatnya harga cabai dikarenakan faktor cuaca yang kurang bersahabat, terlepas dari itu, betapa memang diperlukan antisipasi yang matang agar dimasa-masa mendatang fenomena seperti ini bisa kendalikan semaksimal mungkin supaya masyarakat kelas bawah yang biasa mengkonsumsi dan menjual produksi makanannya yang membutuhkan bahan pangan cabai tidak merasa dirugikan atau tidak merasa terbebani dengan meningkatnya harga cabai ini.

Categories: berbagi pengetahuan.. apapun itu, catatan tentang 'perasaan ' | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: