Mengapa Harus Reformasi?

Mengapa Harus Reformasi?

Coba kita lihat sekarang yang terjadi di Mesir, betapa rakyat Mesir merindukan perubahan yang signifikan atas berlangsungnya pemerintahan di negeri itu. Tapi apa daya, pemimpin Mesir masih saja tetap dengan keputusannya untuk tidak mundur dari tampuk kursi kekuasaannya, meski tuntutan yang diperjuangkan rakyat Mesir telah menelan banyak korban. Di Indonesia, prosesi reformasi yang terjadi pada tahun 1998, dapat dikatakan tidak membutuhkan waktu yang lama. Di awali dengan gerak mahasiswa sebagai kaum interlektual, tuntutan membawa Indonesia ke arah reformasi langsung direspon oleh pemerintahan saat itu, yang ketika itu pemerintahan masih dipimpin oleh Presiden Suharto. Dalam perjalannya, setidaknya ada empat mahasiswa yang gugur dalam aksi menuntut dilakukannya reformasi atas pemerintahan Indonesia.

Kejadian hilangnya nyawa demonstran itu dijawab oleh pemerintah Indonesia untuk serius mendengar apa tuntutan rakyat, yang berujung pada mundurnya Presiden Suharto pada tahun 1998, yang kemudian kursi kepemimpinan dilanjutkan oleh Bapak BJ Habibie sebagai presiden RI selanjutnya. Dan kini, hampir 11 tahun refomasi Indonesia berjalan, nyatanya masih banyak yang perlu dibenahi untuk negeri ini. Mulai dari moral anak bangsa, para pejabat-pejabat negara yang memegang peranan penting. Sampai kepada implementasi hukum yang belum juga terealisasi sepenuhnya. Timbul pertanyaan, apakah perlu Indonesia melakukan reformasi lagi? sebenarnya kalau boleh jujur, setiap waktu apapun negaranya, reformasi menuju keadaan yang lebih baik dengan tetap menjunjung kepedulian yang tinggi akan  rakyat adalah suatu kewajiban.

Jika selama ini semangat reformasi harus luntur dan seolah terlupakan, maka mulai saat inilah dan seterusnya reformasi menuju yang lebih baik harus tetap digalakkan, demi kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkeadilan lagi sejahtera.

Iklan
Categories: catatan tentang opini pribadi | Tag: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: