Seputar Penulisan Ilmiah

Seputar Penulisan Ilmiah

Dalam rangka mencapai gelar stara sarjana muda untuk jenjang S1, ada kegiatan unik yang mesti ditempuh, yakni kegiatan berupa Penulisan Ilmiah atau yang biasa disebut dengan PI. Dikatakan unik karena bobot PI ini hanya dinilai dengan 2 sks, namun kebanyakan dari mahasiswa seolah merasa tersibukkan oleh aktivitas ini. Awal maret merupakan langkah pertama dalam merangcang PI tersebut. Mulai dari proses menentukan tema yang pas (benar-benar sesuai dengan keinginan hati mahasiswa), memilih objek yang memadai, memikirkan alat analisis yang kira-kira cocok dengan tema sampai kepada berinteraksi dengan dosen pembimbing🙂.

Serba-serbi langkah awal ini menjadi keunikan tersendiri karena memang di tahap inilah seorang mahasiswa dituntut untuk mengambil keputusan penting tentang penelitian yang akan digeluti kedepannya. Saya sendiri sebagai mahasiswa jurusan ekonomi manajemen pada awalnya sempat bimbang diantara dua pilihan, yaitu apakah memilih tema yang berhubungan dengan distribusi atau tema mengenai persediaan, ditengah kebimbangan tersebut, saya mencoba untuk menelaah secara mendalam dan penuh kesadaran akan keputusan apa yang sekiranya akan saya ambil.

Dan pada akhirnya saya memutuskan untuk mengambil tema yang berkaitan dengan “persediaan”, mungkin bagi sebagian mahasiswa tema ini agak sedikit kurang familiar, jika dibandingkan tema-tema lainnya, seperti mengenai perilaku konsumen, promosi, investasi, studi kelayakan bisnis, dsb. Namun, justru disitulah letak menariknya penelitian yang akan saya lakukan, kadang perbedaan membuat kita menjadi merasa tersisihkan, tapi juga terkadang perbedaan membuat kita menjadi lebih memahami proses kehidupan, karena dengan perbedaan kita akan belajar untuk mengenal diri kita sendiri (mengapa kita berbeda) dan juga mencoba untuk menumbuhkan sikap kemandirian ditengah pengambilan keputusan yang sangat menetukan kehidupan selanjutnya.

Proses Penulisan Ilmiah telah mulai saya jalani dengan perlahan namun tetap berorientasi pada kepastian.🙂 Semoga kegiatan ini menjadi lancar dan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang terlibat kemudian, baik secara langsung maupun tidak.

ian_23

Categories: catatan lepas septian, catatan tentang 'perasaan ' | Tags: , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Seputar Penulisan Ilmiah

  1. thanks atas infonya

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: