Ber-UKM ria

Istilah UKM menjadi sebuah cita-cita tersediri bagi masyarakat Indonesia akhir-akhir ini, mengapa demikian ? Perlu kita ingat dimasa-masa dimana perekonomian tengah dilanda krisis ekonomi, ada satu bidang yang dapat dikatakan tidak mudah goyah (terpengaruh) terhadap dampak dari krisis ekonomi global tersebut, dan bidang tersebut tak lain dan tak bukan ialah UKM (Usaha Kecil Menengah).

Pemerintah pun sedang gencar-gencarnya memberikan perhatian khusus kepada bidang UKM ini. Tak tanggung-tanggung , Pemerintah berani mengeluarkan anggaran yang cukup besar agar bisa memberikan pinjaman kepada masyarakat guna kelangsungan UKM ini. Namun patut disayangkan ialah sosialisasi akan adanya pinjaman pemerintah terhadap bantuan UKM ini masih terasa kurang. Padahal banyak sekali masyarakat kita yang sangat membutuhkan modal usaha untuk menjalankan bisnisnya.

UKM ini disebut-sebut sebagai upaya rasional untuk menanggulangi pengangguran yang ada di Indonesia. Karena UKM memberikan kebebasan yang seluas-luasnya (tetap mengacu pada norma yang berlaku) kepada masyarakat untuk meng-ekspresikan usaha yang ingin ditekuninya. Kebijakan Pemerintah dalam menggalakkan pinjaman bagi pendirian UKM ini sebenarnya sangat dinantikan olah masyarakat banyak. Karena secara tidak langsung kebijakan seperti ini mampu memancing daya kreatifitas masyarakat dalam melakukan usaha atau bisnis demi memenuhi kebutuhan ekonomi segenap masyarakat Indonesia. Kreatifitas yang nantinya akan timbul tersebut, kemudian disalurkan dengan membangun UKM sebagai lahan penghasilan bagi masyarakat yang belum memiliki usaha sebelumnya.

Nampaknya kebijakan Pemerintah untuk terus menggencarkan program UKM ini mesti dan harus terus berjalan agar setiap warga negara Indonesia mendapatkan haknya, sesuai seperti apa yang telah termaktub dalam Undang-Undang Dasar 1945. Mari kita junjung keadilan bermasyarakat. Merdeka !!

ian-23

sumber gambar :

http://asmindojepara.blogspot.com/2011_01_01_archive.html

Categories: catatan lepas septian, catatan tentang opini pribadi | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: