Saksi Lesatan Kemajuan Teknologi

Bismillahirrahmanirrahim, Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ingin aku coba tuliskan opini yang tersirat dalam pikiranku.

Sungguh beruntung bila dipandang dari sisi dunia ketika manusia di zaman sekarang ini telah terbantu oleh kehadiran-kehadiran alat teknologi yang setiap masa senantiasa mengalami inovasi-inovasi serta perubahan yang mungkin tidak akan kita ketahui kapan inovasi itu akan berakhir. Betapa kita rasakan perbedaan yang sangat mencolok antara kehidupan kita dimasa sekarang ini jika dibandingkan dimasa-masa terdahulu,  masa dimana nenek moyang kita telah lebih dulu hidup bertahun-tahun lamanya. Dapat kita katakan pendahulu-pendahulu kita ialah manusia-manusia pekerja keras karena memang mereka menjalani kehidupan tanpa adanya bantuan alat-alat modern, mereka murni mengandalkan sumber daya alam yang ada, termasuk didalamnya berbagai jenis tumbuhan/pepohonan maupun beraneka macam hewan/binatang.

 

FA-22-Raptor

Orang-orang terdahulu menggunakan perahu maupun kapal besar yang terbuat dari kayu yang kuat untuk melewati daerah perairan, menggunakan berbagai kebutuhan rumah tangga juga dengan kayu, dan sebagian dari besi yang diolah secara sederhana, serta menggunakan binatang untuk berbagai aktivitas kehidupan seperti kuda untuk berpergian atau berperang, kerbau untuk membajak, onta sebagai hewan tunggangan untuk perjalanan dengan jarak yang cukup jauh. Begitulah kehidupan di zaman terdahulu, meraka-meraka yang hidup di masa itu tidak mengenal kecanggihan terknologi seperti dimasa sekarang. Lain orang-orang terdahulu, lain pula orang-orang di masa sekarang ini, semua aktivitas kehidupan seolah dapat dipermudah dengan kehadiran teknologi.

Kadang  jika kita berfikir secara sederhana bahwa memang Allah menjadikan kehidupan di dunia ini penuh dengan proses, manusia hidup dari waktu ke waktu diikuti dengan bertambahnya ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Tidak serta merta munculnya bumi dalam alam semesta langsung dibarengi dengan kecanggihan teknologi.  Ilmu pengetahuan mencoba mengubah segalanya menjadi lebih cepat dan lebih praktis. Kecepatan menjadi karakter perubahan.
Kecanggihan teknologi itu baru muncul seiring berjalannya proses kehidupan itu berjalan. Oleh karenanya sungguh kita sebagai manusia yang hidup ditengah kemajuan teknologi ini bersyukur akan keadaan yang ada. Dan syukur itu pun tidak mungkin hanya kita lafazkan dalam lidah tetapi juga bagaimana kita yang hidup dimasa sekarang ini mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi ini dengan sebaik dan seoptimal mungkin.

Apabila di awal saya mengatakan bahwa manusia di masa kini beruntung dari segi dunia, namun dapat pula dikatakan manusia di masa kini akan sedikit merugi jika mereka-meraka kurang mampu memanfaatkan kehadiran akan teknologi tersebut. Mengapa demikian, cukup jelas dan terang bahwa kenyataan yang ada sekarang ini menunjukkan banyak dari anak Nabi Adam as. begitu saja terbuai dengan kehadiran teknologi. Kita katakan terbuai karena memang mereka tidak bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi itu untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat tetapi justru kecanggihan teknologi itu mereka pergunakan untuk hal-hal yang mengarah kepada keburukan. Jadi ringkasnya masih lebih beruntung orang-orang yang hidup di masa terdahulu ketika kecanggihan teknologi belum mereka rasakan sehingga dengan itu pula mereka tak memiliki sarana untuk berbuat keburukan, dalam hal ini justru orang-orang terdahulu dapat dikatakan lebih beruntung.

Maka dari itu semua, adalah wajib bagi kita yang hidup di zaman sekarang ini untuk lebih berhati-hati memanfaatkan segenap kecanggihan teknologi yang semakin bermunculan. Menggunakan kecanggihan teknologi untuk hal-hal yang positif tentunya akan lebih mengesankan. So.. mari kita manfaatkan kecanggihan teknologi itu seoptimal dan seefisien mungkin.
Septian Prima Rusbariandi,

Citayam 23 april 2011

Categories: catatan tentang opini pribadi | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: