Contoh Menarik Simpulan secara Langsung dan Contoh Rantai Deduksi

Nama           :  Septian Prima Rusbariandi

Kelas          : 3EA03

NPM          :  11208153

I.                  Contoh Menarik Simpulan secara Langsung

 

1.      Semua S adalah P. (Premis)

Sebagian Padalah S. (Simpulan)

Contoh :

1)      Setiap pulpen dapat mengeluarkan tinta

Sebagian yang mengeluarkan tinta adalah pulpen

2)      Semua motor adalah beroda dua

Sebagian yang beroda dua adalah motor

3)      Setiap kuda adalah berkaki empat

Sebagian yang berkaki empat adalah kuda

2.      Tidak satu pun S adalah P. (Premis)

Tidak satu pun Padalah S. (Simpulan)

Contoh :

1)      Tidak satu pun PNS adalah karyawan BUMN

Tidak satu pun karyawan BUMN adalah PNS

2)      Tidak satu pun Gedung adalah Gubuk

Tidak satu pun gubuk adalah gedung

3)      Tidak satu pun malaikat adalah setan

Tidak satu pun setan adalah malaikat

3.      Semua S adalah P. (Premis)

Tidak satu pun S adalah tak-P. (Simpulan)

Contoh :

1)      Setiap manusia adalah makhluk memiliki akal

Tidak satu pun manusia adalah makhluk tak memiliki akal

2)      Semua sepeda adalah memiliki roda

Tidak satu pun sepeda dalah tidak memiliki roda

3)      Semua helicopter adalah memiliki baling-baling

Tidak satu pun helicopter adalah tidak memiliki baling-baling

4.      Tidak satu pun S adalah P. (Premis)

Semua S adalah tak-P. (Simpulan)

Contoh :

1)      Tidak satu pun bebek adalah burung garuda

Semua bebek adalah bukan burung garuda

2)      Tidak satu pun sawah adalah pantai

Semua sawah adalah bukan pantai

3)      Tidak satu pun mobil adalah pesawat

Semua mobil adalah bukan pesawat

5.      Semua S adalah P. (Premis)

Tidak satu pun S adalah tak-P. (Simpulan)

Tidak satu pun tak-P adalah S.

Contoh :

1)      Semua gurita adalah binatang mengeluarkan tinta beracun

Tidak satu pun gurita adalah binatang tidak mengeluarkan tinta beracun

Tidak satu pun binatang yang tidak mengeluarkan tinta beracun adalah gurita

2)      Semua zebra adalah berkulit hitam putih

Tidak satu pun zebra adalah tidak berkulit hitam putih

Tidak satu pun yang tidak berkulit hitam putih adalah zebra

3)      Semua kangguru adalah binatang berkantung

Tidak satu pun kangguru adalah binatang tidak berkantung

Tidak satu pun binatang yang tidak berkantung adalah kangguru

 

II.                Rantai Deduksi

1.      Rantai deduksi dengan tema “ Pesawat Jet Tempur”

Pesawat Jet Tempur

Semua pesawat jet tempur memiliki kecepatan sangat tinggi. (hasil generalisasi)

Ada keinginan dari diri pribadi ini untuk mengendarai Pesawat Jet Tempur.

Oleh karena itu, Pesawat Jet Tempur yang akan kendarai memiliki kecepatan yang sangat tinggi. (deduksi)

Saya sebenarnya sangat suka dengan pesawat yang memiliki kecepatan sangat tinggi. (induksi : generalisasi)

Pesawat di lapangan udara itu adalah Pesawat Jet Tempur berkecepatan sangat tinggi.

Oleh  karena itu, saya sangat suka dengan Pesawat Jet Tempur ini. (deduksi)

Saya sangat suka mengendarai pesawat yang saya sukai. (induksi : generalisasi)

Saya sangat suk pesawat yang berada di lapangan udara itu.

Oleh karenanya, betapa sangat ingin saya mengendarainya. (deduksi)

 

2.      Rantai deduksi dengan tema “ Puncak Pegunungan”

Puncak Pegunungan

Semua puncak pegunungan memiliki pemandangan yang sangat menarik. (hasil generalisasi)

            Terbesit keinginan pribadi saya untuk mendaki sebuah puncak pegunungan

Maka dari itu, puncak pegunungan yang akan saya daki memiliki pemandangan yang sangat menarik. (deduksi)

Jujur, sebenarnya saya sangat suka dengan puncak pegunungan dengan pemandangan yang menarik. (induksi : generalisasi)

Puncak ini adalah puncak pegunungan dengan pemandangan yang sangat menarik.

Maka dari itu, saya sangat menyukai puncak pegunungan ini. (deduksi)

Saya sangat suka mendaki puncak yang saya gemari. (induksi : generalisasi)

Saya menyukai puncak ini.

Maka dari itu, betapa saya sangat ingin mendakinya. (deduksi)

           

Categories: berbagi pengetahuan.. apapun itu | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

