Coba temukan hikmah kongres PSSI

Agenda kongres PSSI yang bertujuan untuk melahirkan kepengurusan baru sampai beberapa tahun mendatang nampaknya hanya menjadi angan-angan belaka. Hal ini terjadi demikian adanya dikarenakan prosesi kongres yang semestinya berjalan sesuai perencanaan justru harus berjalan ricuh diluar dugaan sebelumnya. Bahkan berita terakhir yang televisi mengatakan bahwa kongres PSSI telah ditutup tanpa menghasilkan keputusan yang diinginkan.

Jelas hal ini menjadi berita yang sangat tidak mengenakkan bagi para elemen sepak bola tanah air, khususnya dan segenap rakyat Indonesia pada umumnya. Organisasi PSSI yang diharapkan mampu menjadi wadah bagi pembentukan atlet-atlet sepak bola profesional yang dapat membuktikan kemampuannya kepada dunia malah bersikap tidak profesional atas kongres yang telah dilakukan pada 20 mei ini, yang juga bertepatan dengan hari kebangkitan nasional.

Disaat-saat bangsa ini menginginkan kabar baik akan hari jadi kebangkitan nasional yang tengah berumur 103 tahun, PSSI sebagai organisasi sepak bola yang seharusnya menggerakkan kesatuan bangsa seolah tidak lagi melihat urgennya arti sebuah kesatuan, ada oknum-oknum yang hanya mementingkan kepentingan pribadinya tanpa mau berfikir jernih menatap masa depan sebak bola sebagai olahraga pemersatu bangsa.

Timbul pertanyaan dibenak kita, entah olahraga apalagi yang sejatinya sebagai salat satu alat pemersatu bangsa harus dilumpuhkan dari tanah air ini? Karena dampak yang kita ketahui bersama ialah jika kongres PSSI kali ini gagal, maka FIFA sebagai organisasi yang menaungi sepak bola dunia akan memberikan sanksi tegas kepada PSSI. Apakah ini ada misi terselubung untuk bagaimana melunturkan kesatuan bangsa kita? semoga saja tidak.

Namun, terlepas dari itu semua, sekiranya kita sebagai bangsa yang besar harus mampu bersikap bijak menyikapi permasalahan ini, kita harus yakin bahwa dibalik kejadian ini pasti ada hikmah yang bisa dipetik. Paling tidak, fenomena ini mampu dijadikan cambuk bagi segenap pemain maupun organisasi sepak bola di Indonesia untuk lebih berprestasi, menunjukkan kepada dunia , bahwa sepak bola Indonesia tidaklah mati, melainkan tidur sebentar untuk kemudian bangkit  dengan segala kekuatan potensi yang ada tampil ke hadapan dunia internasional demi menjawab segala keraguan yang pernah ada. Merdeka.. Tetap semangat Indonesia ku.

by : Septian Prima Rusbariandi / Citayam, 20 mei 2011

sumber gambar : http://image.tempointeraktif.com/?id=68834&width=274

Categories: catatan tentang opini pribadi | Tags: , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Coba temukan hikmah kongres PSSI

  1. Ping-balik: Kelompok 78 Ngotot Melawan FIFA, Kongres PSSI Deadlock | Masih Hangat

  2. Ping-balik: Kelompok 78 Ngotot Melawan FIFA, Kongres PSSI Deadlock ! Berita BolaBerita Bola

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: