Indonesia Sebagai Negara Kepulauan

Rasa syukur yang mendalam bagi kita rakyat Indonesia atas sebuah wilayah negara yang teramat luasnya mencakup sampai meliputi beribu-ribu kepulauan. Perlu kita pahami bahwa itu semua merupakan anugrah mendalam yang Allah Swt. berikan kepada bangsa ini sebagai karunia yang tak ternilai harganya. Persatuan dan kesatuan yang di junjung tinggi sebagai tonggak kuat untuk membangun negara besar dengan beraneka ragam kebudayaan dari pulau ke pulau yang diwariskan oleh para pendahulu. Indonesia yang dikenal juga sebagai negara perairan/maritim, sebetulnya jika kita pandang dari sisi wilayah yang begitu luas sangatlah potensial untuk dilakukannya proses transaksi ekonomi. Dengan adanya jarak yang terpisah oleh perairan sebenarnya tidak terlalu menjadi penghalang bagi Indonesia untuk menggencarkan aktivitas perekonomian.

Namun lagi-lagi sarana-prasarana atau infrastruktur yang belum terlalu memadai menjadi hambatan bagi para pelaku ekonomi yang ingin mencoba peruntungannya dengan memanfaatkan banyaknya kepulauan yang ada di Indonesia. Tidak bisa tidak, pembenahan secara bertahap memang semestinya dilakukan agar kelak di masa mendatang anak cucu kitalah yang kemudian mengembangkan pembangunan bangsa ini. Jika memang kemudian infrastuktur mampu dibangun dengan cukup baik, maka sifat kepulauan yang terlanjur melekat bagi negara Indonesia, sungguh akan memberikan peluang serta harapan cerah tentang kegiatan di Indonesia secara umum. Semoga anugrah besar yang Tuhan berikan ini mampu dioptimalkan sebaik mungkin oleh semua elemen rakyat Indonesia tanpa memperdebatkan perbedaan yang selalu ada antar setiap kepulauan.

Iklan
Categories: catatan tentang opini pribadi | Tag: | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Indonesia Sebagai Negara Kepulauan

  1. Kalau memang pemerintah setempat belum bisa melakukan pembangunan yang penuh, kira2 apa yang bisa dilakukan warga setempat?

    • Sebelumnya terima kasih kpd mas robin yang telah berkunjung ke blog ini..

      – Sebenarnya jika pemerintah belum dapat melakukan pembangunan optimal terhadap suatu daerah, maka salah satu cara yang mesti dilakukan penduduk setempat ialah berusaha memaksimalkan (memanfaatkan) potensi yang ada di wilayah tersebut, seperti misalnya di daerah bersangkutan terdapat daerah yang subur, sehingga kemudian masyarakt dapat memanfaatkannya sebagai lahan perkebunan atau pertanian yang tentunya ini juga mesti pula di dukung oleh infrastruktur (seperti sarana transprtasi, jalan) yang memadai. Dan yang tak kalah penting adalah harus tetap berjalannya proses pendidikan, karena nantinya melalui pendidikan yang tepart, proses transfer ilmu dapat berjalan dengan baik. Dari ilmu pengetahuan itulah kemudian muncul harapan akan adanya generasi penerus yang mampu tampil sebagai agen pembangunan. atau agen perubahan.
      *semoga bermanfaat

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: