Isu Demo Mahasiswa Secara Besar-besaran Menentang Kenaikan BBM

septian99.wordpress.com

Ramai di berbagai media online nasional bahwa akhir Maret 2012 s/d awal April 2012 diprediksi akan ada demo yang cukup besar di berbagai daerah di Tanah Air, terkait dengan adanya rencana Pemerintah RI untuk menaikkan harga BBM per 1 april 2012 mendatang. Di Ibukota Jakarta sendiri setidaknya ada 3 titik sentral yang mesti di antisipasi bagi setiap warga yang akan melintasi areal demo tersebut, seperti depan Istana Merdeka, bundaran Hotel Indonesia (bundaran HI), dan cukup sentral juga yakni depan gedung DPR/MPR.

Wacana tentang kenaikan harga BBM ini jelas cukup membuat rakyat, khususnya rakyat kecil menjadi resah. Keadaan ini bukan tanpa alasan, karena sebenarnya masih banyak dari rakyat Indonesia yaitu kalangan menengah ke bawah, yang dengan penghasilan sehari-harinya saat ini saja sudah sangat memprihatinkan nyatanya harus dibebani lagi dengan peningkatan harga BBM yang disinyalir juga akan melambungkan harga kebutuhan bahan pokok.

Aksi para mahasiswa turun ke jalan untuk menyalurkan/mewakili pendapat rakyat kecil sebenarnya patut diberikan apresiasi, karena sebenarnya dibalik demo tersebut pasti terselip niat baik dari para mahasiswa tersebut agar sekiranya ditemukan solusi yang saling menguntungkan antara kebijakan Pemerintah dengan resiko yang akan diterima masyarakat.

Memang jika kita kaji lebih mendalam, bahwa kenaikan harga BBM ini tidak serta merta 100% membawa imbas yang negatif, penulis sendiri berpendapat kenaikan BBM sebenarnya akan menjadi sangat tepat jika maksud kenaikannya itu ditujukan kepada kalangan masyarakat menengah atau masyarakat menengah ke atas dengan penghasilan mereka yang terbilang mencukupi, bahkan mungkin adanya kenaikan harga BBM itu tidak berdampak besar terhadap penghasilan yang telah diperolehnya.

Namun lain halnya bagi rakyat kecil atau rakyat kalangan menengah ke bawah, kenaikan ini jelas sangat tidak sesuai, mengapa demikian, karena fakta yang kita lihat dilapangan bahwa masih banyak dari pada tingkat ekonomi/kesejahtraan meraka yang tidaklah terjamin, walau kemudian memang akan ada upaya dari pemerintah untuk mengimbangi menurunnya nilai pendapatan/ekonomi rakyat kecil tersebut dengan program-program Pemerintah yang mencoba mengurangi kemungkinan menurunnya tingkat kesejahteraan rakyat kecil tersebut.

Intinya, menurut pribadi penulis bahwa semestinya Pemerintah mampu dengan penuh ketegasan membedakan kepada siapa kenaikan itu BBM ditujukan, sehingga titik persoalannya kemudian menjadi jelas. Jangan kemudian kenaikan itu juga berlaku sama rata kepada semua rakyat kecil dan rakyat menengah/menengah ke atas, pemerataan seperti ini jelas sangat merugikan rakyat kecil dan tetap menguntungkan rakyat menengah/menengah ke atas.

Dan mengingat kemungkinan harga BBM dunia setiap periode di tahun-tahun mendatang akan terjadi kenaikan, maka sudah seharusnya Pemerintah dari jauh-jauh hari mulai detik ini memikirkan bagaimana Pemerintah menciptakan industri-industri maju dan berkembang yang mampu berdampak bagi peningkatan ekonomi negara, sehingga jika nantinya harga BBM dunia melambung tinggi, namun di sisi lain rakyat kecil belum siap dengan kenaikan tersebut, maka keuntungan atau profit dari industri-industri maju itulah yang akan membantu Pemerintah dalam mensubsidi BBM bagi rakyat kecil, dengan begitu kenaikan harga BBM tidak terlalu berdampak signifikan terhadap penurunan tingkat kesejahtraan ekonomi rakyat kecil.

Citayam, 26-03-2012   pukul 23:07 wib

Septian Prima Rusbariandi

  • sumber gambar:

http://kalongbanget.blogspot.com/2010/11/demo-mahasiswa-di-makassar.html

Categories: catatan seorang mahasiswa, catatan tentang opini pribadi | Tags: , , , | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “Isu Demo Mahasiswa Secara Besar-besaran Menentang Kenaikan BBM

  1. kenaikan bbm memang sangat tidak menyejahterakan masyarakat, seharusnya pemerintah mengambil solusi atau alternatif lain untuk menutupi “kerugian ” yang dialami oleh pemerintah.

    • saya juga setuju, memang semestinya ada alternatif atau solusi lain yang sifatnya bermanfaat dalam jangka panjang.

      namun jika kemudian kebijakan kenaikan harga bbm tetap diterapkan, maka kita berharap semoga hasil pengurangan subsidi tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang positif yang jauh lebih bermanfaat.

  2. apapun keputusan nya yang penting terbaik buat buat kita semua

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: