Kekuatan Aksi Mahasiswa

Sejarah mencatat aksi mahasiswa menjadi kekuatan yang sulit dibendung jika kondisi para mahasiswa itu berdiri dalam sebuah gerakan kebersamaan. Mungkin masih lekat dalam ingatan kita ketika pada tahun 1998 ribuan mahasiswa dengan penuh kesolidan memenuhi gedung DPR/MPR untuk menyerukan aspirasi rakyat. Semangat muda ditambah dengan semangat patriotisme, yang mengimpikan dan menginginkan agar kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik ini menjadi lebih baik lekas berwujud menjadi sebuah kenyataan.

Jika kita masih mampu melihat aksi mahasiswa yang mewakili suara rakyat kecil, dengan penuh keikhlasan rela berpanas-panasan mengajukan tawaran-tawaran alternatif serta solusi terbaik kepada pihak Pemerintah, maka itu berarti masih ada kesatuan pemuda di tanah air ini. Ini patut kita apresiasi, karena justru dengan kesatuan itu lah kaum mahasiswa akan menjadi lebih kuat, lebih bersemangat menyerukan kebenaran yang mereka yakini dan mereka impikan dalam jalur keberpihakannya terhadap rakyat kecil.

Dan akan menjadi aneh dan tidak wajar rasanya jika kita justru tidak pernah melihat aksi demonstrasi mahasiswa yang ditujukan ke pihak Pemerintah. Karena secara tidak langsung hal itu menandakan minimnya rasa solidaritas ataupun kesatuan sebagai pemuda Indonesia. Kita pun masih ingat ketika proses proklamasi kemerdekaan negeri ini direncanakan, pemuda Indonesia mempunyai peranan penting dalam membuat gebrakan dan percepatan dalam memproklamirkan kemerdekaan itu. Hal itu bisa terwujud tak lain dan tak bukan ialah karena kekokohan kesatuan para pemuda Indonesia, yang bersatu padu, walau dari beranekaragam suku yang berbeda-beda, menakjubkan kita melihatnya bukan.

Kita juga masih ingat ketika para penjajah pertama kali datang ke negeri ini, bahwa para penjajah itu mencoba menerapkan politik devide et empera, yakni apa yang kita kenal sebagai politik pecah belah. Mereka penjajah-penjajah itu menjalankan misi busuknya dengan memecah belah kesatuan sekaligus mengadu domba kesatuan yang telah terbentuk dalam wilayah tanah air ini, hingga akhirnya kemudian terjadilah kekacauan karena tidak adanya persatuan, dan penjajahan di tanah air ini pun bergulir sekian lamanya.

Oleh karenanya, sungguh merupakan berita baik, jika sampai saat ini kita mendengar dan melihat aksi para mahasiswa atau pemuda Indonesia bersatu padu, kompak tanpa melihat perbedaan dengan ketulusan hati membela rakyat kecil demi kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih layak, lebih menjunjung keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, maka saat ini pulalah kita mesti memberikan apresiasi, mari kita buang jauh-jauh permusuhan antar pemuda/mahasiswa, dan mari kita bangun persatuan demi kepentingan bersama.

Salam Persatuan Mahasiswa, Pemuda serta Pelajar Indonesia … !!

BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KITA RUNTUH..

Citayam, 27-03-2012

Septian Prima R.

Categories: catatan seorang mahasiswa | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: