Belajar Bersikap SPORTIF

Bismillahirrahmaanirrahiim

Pagi ini alhamdulillah cuaca bisa dikatakan cukup cerah, walau sebenarnya matahari pagi belum menampakkan cahayannya, maklum karena yang terlihat di jam laptop saya pun masih sekitar pukul 05:17 wib pagi hari.

Kali ini ingin saya berbagi opini, tak jauh-jauh melainkan berkisar  seperti judul yang tertulis di atas. Tentang sportifitas kadang sering kali kita melupakan sikap mulia itu. Salah satu bagian dari sikap seorang juara yang semestinya tetap melekat walau mesti di timpa kekalahan yang paling menyakitkan sekalipun.

Nyatanya sikap sportifitas itu tidaklah hanya mesti digunakan ketika dalam arena pertandingan. Sebuah sportifitas sangatlah juga dibutuhkan dalam menyeimbangkan kisah kehidupan kita sehari-hari. Sebagai contoh misalnya, ketika kita sedang mengalami hal yang kita anggap sebagai kegagalan hidup atau mungkin keterpurukan hidup, mengapa sering kali pada kondisi demikian itu kita justu mencari-cari pihak-pihak yang akan kita salahkan, bukan justru kita menginstrospeksi diri kita seutuhnya.

Barang kali kegagalan yang kita dapatkan itu, memang MUTLAK ialah merupakan dampak dari ulah perbuatan atau kelalaian kita di masa lalu. Sehingga jika memang begitu adanya, maka adalah kesalahan fatal jika kita terlalu mengutuk kegagalan ataupun keterpurukan itu tanpa ada usaha dari kita untuk mengoreksi diri kita atau dengan kata lain bersikap SPORTIF terhadap keputusan akhir yang kita terima.

Intinya karena kita yakin bahwa ALLAH SWT ialah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, maka adapun kegagalan kita biarlah kita coba koreksi sendiri, karenanya kadang tanpa kita sadari di balik kegagalan itu tersimpan hikmah yang begitu mendalam, yang bermanfaat sebagai bekal kita melanjutkan estafet kehidupan di alam dunia ini. Wallahu a’lam

Semoga kedepannya kita mampu bersikap sportif dalam setiap kejadian yang kita jalani di kehidupan dunia ini.

Aamiin.

Citayam, 25-04-2012

sumber gambar : http://www.islamcan.com/wallpapers/pictures/grass.jpg

 

 

Categories: catatan tentang opini pribadi | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

silakan tuliskan komentar pada kolom dibawah ini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: